Tugas 2 - Manajemen Layanan Sistem Informasi | Strategi Pelayanan

Manajemen Layanan Sistem Informasi


  Strategi Pelayanan


RISIKO

Manajemen yang efektif dari risiko, merupakan masalah penting bagi semua organisasi yang sukses, adalah komponen kunci dari pemerintahan.

Risiko didefinisikan sebagai peristiwa yang mungkin yang dapat menyebabkan kerusakan atau kerugian, atau mempengaruhi kemampuan untuk mencapai tujuan. Risiko juga dapat didefinisikan sebagai ketidakpastian hasil.

Manajemen risiko yang efektif memerlukan kerangka kerja yang konsisten di mana risiko diidentifikasi dan dianalisa dan langkah yang tepat dimasukkan ke dalam tempat untuk berurusan dengan mereka.

PROSES KUNCI

Proses kunci dalam strategi pelayanan adalah:
• Manajemen hubungan bisnis (lihat Bab 7);
• Manajemen keuangan untuk layanan TI (lihat Bab 8).
• Manajemen portofolio layanan (lihat Bab 10);

JENIS PENYEDIA JASA IT

Hal ini penting untuk mengakui bahwa ada berbagai jenis penyedia layanan TI, dan bahwa meskipun semua akan memiliki kesamaan dalam kaitannya dengan manajemen pelayanan, akan ada aspek yang unik, misalnya yang menyangkut hubungan komersial dengan pelanggan dan bisnis dilayani oleh penyedia.

Dalam prakteknya, ada variasi yang luar biasa dalam jenis penyedia layanan TI. penyedia yang berbeda ditandai dengan hubungan mereka dengan pelanggan dan posisi mereka dalam kaitannya dengan usaha atau bisnis mereka layanan ini membantu untuk menyederhanakan kompleksitas dan mengidentifikasi sejumlah kecil jenis penyedia yang mewakili lebih luas berbagai di pasar.

Penyederhanaan ini mengarah ke tiga jenis berikut:
• Tipe I - penyedia layanan internal: Ini adalah unit IT di rumah biasanya
diposisikan dalam unit bisnis yang mereka layani, meskipun itu adalah umum untuk unit skala yang lebih kecil IT ini akan dikonsolidasikan ke departemen IT perusahaan yang memiliki untuk menyeimbangkan kepentingan, tuntutan dan prioritas perusahaan yang
organisasi terhadap orang-orang dari unit bisnis individu.

• Tipe II - Bersama layanan Unit: Ini adalah di mana berbagai fungsi, dianggap sebagai non-inti untuk bisnis, dikelompokkan bersama-sama ke unit pelayanan bersama perusahaan. Fungsi yang terlibat biasanya IT, Keuangan dan SDM, kadang-kadang dengan pelayanan hukum, logistik dan manajemen fasilitas.

• Tipe III - penyedia layanan eksternal: Ini adalah entitas komersial terpisah dari bisnis itu layanan, dan beroperasi sebagai bisnis yang kompetitif di pasar.
Previous
Next Post »